Gereja St. Maria Assumpta Pakem Sleman dan Warga Bersih Sungai Pelang

  • Whatsapp
bersih-bersih kali pelang
Umat Gereja St Maria Assumpta dan warga Kalurahan Hargobinangun dan Purwobinangun, Pakem, Sleman, melakukan bersih-bersih Sungai Pelang. (Foto: Brigita Mutiara Putri)

BacaJogja – Umat Gereja St Maria Assumpta dan warga Kalurahan Hargobinangun dan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta melakukan Program Kali Bersih atau Prokasih, Minggu, 6 November 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-66 Gereja St. Maria Assumpta sekaligus HUT ke-76 Kalurahan Hargobinangun. Prokasih ini dilaksanakan di Kali Pelang wilayah Hargobinangun.

Read More

Baca Juga: Seribuan Orang Gotong Royong Bersih Sungai Kawasan Rowo Jombor Klaten

Prokasih merupakan program yang dirancang oleh Gereja St. Maria Assumpta serta berkolaborasi dengan Kelurahan Hargobinangun, melibatkan juga Warga Kelurahan Purwobinangun.

Kegiatan Program Kali Bersih dilakukan serentak oleh umat gereja dan warga di dua Kalurahan tersebut. Selain itu, warga dari luar dua kalurahan pun ikut mendukung program ini dengan membantu membersihkan sungai dan di sekitarnya.

Baca Juga: Galeri Produk Daur Ulang Sampah yang Keren di Kota Yogyakarta

Hal ini menciptakan sikap kebersamaan saling membantu dan kepedulian yang tinggi dari warga luar dua kalurahan itu.

Umat dan warga memunguti sampah yang menghambat aliran air dan membersihkannya. Warga juga memotongi ranting dan pohon yang menghalangi aliran air sungai.

Warga berharap kegiatan ini menjadikan air yang melewati Sungai Pelang dapat terus mengalir tanpa terhambat sampah-sampah plastik, kain dan sampah anorganik lainnya. Hal penting lainnya tidak mengakibatkan luapan air terlebih saat ini sudah memasuki musim hujan.

Baca Juga: Pesan Peduli Lingkungan dalam Event Ngaran Kite Festival 2022 di Sleman

Harapnnya Kali Pelang tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan aman. Ke depan program Kalurahan Hargobinangun, Purwobinangun dan Gereja St. Maria Assumpta yang akan datang dapat terlaksana sesuai harapan. []

Artikel kiriman Brigita Mutiara Putri, Mahasiswi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *