Warga Bantul Sulap Sampah Anorganik Popok Menjadi Bantal Cantik

  • Whatsapp
olah popok jadi bantal
KSM Pilah Berkah Imogiri Bantul menyulap sampah anorganik popok menjadi barang kerajinan vas bunga, gantungan kunci hingga bantal cantik. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Mulai tahun ini, Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan tidak lagi menerima buangan sampai anorganik dari Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul. Pemkot dan Pemkab sudah mengeluarkan aturan larangan pembuangan sampak anorganik tersebut.

Di Kota Yogyakarta misalnya dengan mengeluarkan Gerakan Nol Sampah Anorganik didasarkan pada Surat Edaran Wali Kota Yogyakatya No.660/6123/SE/2022. Gerakan tersebut ditujukan untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan. Pemkab Bantul dan Sleman juga mengeluarkan serupa.

Read More

Baca Juga: Galeri Produk Daur Ulang Sampah yang Keren di Kota Yogyakarta

Salah satu langkah yang bisa dilakukan mengurangi sampah anorganik yakni memulai dari sumbernya atau rumah tangga. Ada cara yang bisa dilakukan misalnya menjadikan samah anorganik menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Di Kabupaten Bantul misalnya, warga yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Mandiri (KSM) Pilah Sampah Berkah di Tegal, Paduresan, Imogiri ini. Mereka memilih sampah jenis popok dan menyulapnya menjadi barang kerajinan seperti bantal cantik.

bantal dari popok
Sampah anorganik popok disulap menjadi bantal cantik. (Foto: Pemkab Bantul)

Baca Juga: Pemda DIY Tetapkan Pengembangan TPA Regional Piyungan 58.665 Meter Persegi

Seperti diketahui, popok merupakan sampah yang paling mencemari lingkungan. Di Bantul, banyak popok yang mencemari irigasi. Atas dasar itulah KSM Pilah Berkah bertekad untuk turut andil dalam menekan sampah dengan mendaur ulang limbah popok menjadi kerajinan.

Ketua KSM Pilah Berkah Yekti Murwani menyampaikan daur ulang limbah popok ini dilatarbelakangi oleh warga yang tinggal di bantaran Sungai Celeng kerap membuang popok ke sungai. Hal tersebut tentu saja mencemari sungai dan merusak lingkungan sekitar.

Baca Juga: Bank Sampah di Bantul Ini Keren, Ubah Sampah Plastik Menjadi BBM Minyak Tanah

Limbah popok yang diolah oleh KSM Pilah Berkah disulap menjadi berbagai kerajinan seperti bantal, vas bunga, hingga gantungan kunci. Sebagian besar hasil kerajinan tersebut dipasarkan melalui media sosial dengan rentang harga antara Rp10.000 hingga Rp75.000 per produk. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *