Elit PAN Condong Ganjar, Konstituen Justru Deklarasi Dukung Anies Baswedan

  • Whatsapp
ilustrasi logo PAN
Ilustrasi bendeta PAN. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – PAN sampai saat ini belum menentukan calon presiden yang diusung pada Pilpres 2024. Namun elit partai lebih condong ke Ganjar Pranowo. Ironisnya, konstituen atau akar rumput partai berlambang matahari terbit ini justru mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan.

Akar rumput PAN ini terwadahi dalam Amanat Indonesia (ANIES). Mereka akan mendeklarasikan mendukung Bakal Calon Presiden Kaolisi Perubahan Anies Baswedan di Tennis Indoor Kompleks Stadioan GBK Senayan Jakarta, Minggu, 7 Mei 2023. Ribuan orang bakal menghadiri acara ini.

Read More

Baca Juga: Resmi Usung Ganjar Pranowo, Mayoritas Konstituen PPP DIY Dukung Anies Baswedan

Ketua Umum ANIES Sahrin Hamid mengatakan, Anies Baswedan dijadwalkan hadir dan memberikan pidato politik berjudul “Meluruskan Jalan, Menghadirkan Keadilan”. “Pak Anies datang berdasarkan konfirmasi terakhir tadi pagi,” katanya, Kamis, 4 Mei 2023 malam.

Ketua DPP PAN periode 2010-2015 ini mengungkapkan, awalnya jumlah peserta yang hadir sekitar 10.000 orang. “Tadinya kita mempersiapkan yang datang 10.000 orang. Cuma oleh pengelola Tennis Indoor Senayan, kita diminta hanya 4.000 orang,” jelasnya.

Baca Juga: Komandan SAR DIY Brotoseno Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Terkait dengan permintaan pengelola, peserta yang hadir 4.000 orang. “Kita sudah patuhi dan sudah tandatangani pernyataan tersebut terkait dengan peraturan penggunaan tempat. Jadi mungkin segitu, termasuk yang di luar mungkin 5.000 orang,” katanya.

Dia mengatakan, deklarasi dan pengukuhan ANIES ini mengetuk pintu agar DPP PAN mengusung Anies Baswedan. Sampai saat ini Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan lebih dekat dengan calon lain. “ANIES ini kan grassroot PAN ya, aspirasi mendukung Pak Anies. Harapannya DPP PAN merespons aspirasi ini dan mengusung Pak Anies di Pilpres,” jelasnya.

Baca Juga: Relawan Anies Baswedan Kota Yogyakarta Berbagi 2.000 Takjil Gratis

Namun, ANIES tidak berandai-andai mengenai sikap politik DPP PAN ini. “Kami tidak mungkin berandai-andaikan kan. Kami ikuti saja, tapi harapannya PAN merapat ke Pak Anies, itu yang penting,” tegasnya.

Calon Senator dari Dapil Muluku Utara ini menegaskan, meski nantinya PAN mendukung calon lain, grassroat PAN ini tetap mendukung Anies Baswedan. “Amanat Nasional ini kan grassrot PAN, aspirasinya jelas mendukung Anies Baswedan,” ungkapnya.

Baca Juga: Relawan Anies Baswedan Beberkan Fakta Jawa Tengah Bukan Kandang Banteng

Menurut dia, ANIES ini merupakan gerakan akar rumput PAN yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. “Artinya di daerah lain juga ada gerakan ini. Di semua provinsi sudah ada,” ungkapnya.

Deklarasi ANIES Disabotase

Sahrin Hamid mengatakan, rencana pengukuhan dan deklarasi ANIES ada yang mencoba melakukan sabotase. Aada oknum tak bertanggung jawab melakukan pembajakan dan menyebar informasi palsu. “Mereka membuat pengumuman flyer acara yang sama dengan waktu yang sama, namun tempatnya berbeda,” katanya.

Sahrin menuturkan, oknum tersebut mencantumkan lokasi acara di Sentul, Kabupaten Bogor. “Dari kami yang resmi itu tempatnya di Tennis Indoor Senayan, tapi pihak yang tidak bertanggungjawab mencantumkan tempat pelaksanaan acara di Sentul, Kabupaten Bogor,” lanjutnya.

Baca Juga: Pilpres 2019 Jokowi Unggul di DIY, Relawan Bertekad Menangkan Anies Baswedan pada 2024

Pemalsuan kanal pendaftaran itu terungkap oleh pihak vendor tiket, yaitu Goers sehingga peserta menerima juga tiket yang sama tapi di tempat yang berbeda. “Kami melihat ini ada upaya-upaya penyesatan,” ucap Sahrin.

Dia mengatakan, deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan di Tennis Indoor Senayan Jakarta selain dihadiri ribuan orang, juga dihadiri pimpinan partai politik pro perubahan. Selain itu, pimpinan simpul relawan Anies Baswedan juga diundang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *