Kotagede Yogyakarta Beri Cinderamata Tombak Cakra untuk Anies, Cincin AMIN untuk Muhaimin

  • Whatsapp
cakra anies baswedan
Keluarga besar pendiri Mataram Islam di Kotagede Yogyakarta memberi pusaka Cakra kepada Anies Baswedan saat ziarah di Kompleks Makam Raja-raka Mataram. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Desainer perak Kotagede Yogyakarta, Priyo Salim membuat cincin bertulis AMIN. Cincin ini akan diberikan kepada cawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar sebagai cinderamata.

Sebelumnya, Priyo memberikan cinderamata Tombak Cakra kepada Anies Baswedan saat ziarah ke Makam Raja-raja Mataram Islam di Kotagede beberapa waktu lalu. “Saat kunjungan Pak Anies, saya memberi cinderamata berujud tombak Cakra Kotagede. Untuk Gus Imin, saya merencanakan memberikan cincin perak dengan design AMIN,” katanya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Read More

Baca Juga: Keluarga Pendiri Mataram Islam di Kotagede Yogyakarta Beri Pusaka Cakra kepada Anies Baswedan

Bendahara relawan AB Ningrat Indonesia ini mengungkapkan, desain cincin AMIN untuk Gus Imin sudah dibuat namun belum diberikannya. Awalnya, cincin akan diberikan kepada Gus Imin pendaftaran ke KPU. Sebelumnya DPW PKB DIY memberi kabar Gus Imin rencananya ada acara ke makam Senopaten Kotegede.

DPW PKB minta relawan AB-Ningrat menemui Gus Imin di makam Senopaten. “Mendengar hal itu, saya berpikir bahwa kedatangan Gus Imin ke makam Senopaten akan mempunyai gema besar jika ditemui oleh teman-teman Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan takmir Masjid Gede Mataram,” jelasnya.

Baca Juga: Suasana Mataram Tempo Dulu Tersaji di Halaman Masjid Mataram Kotagede Akhir Pekan Ini

Ternyata manusia hanya bisa merencanakan, sedangkan Allah yang menentukan. Ada kabar dari DPP PKB bahwa tanggal 21 Oktober 2023 Gus Imin tidak jadi ke Kotagede.

Setidaknya cincin yang direncanakan sudah jadi. “Saya tetap berharap suatu saat, saya akan sempat ketemu dengan Gus Imin untuk memberikan cincin desain kreasi saya ini kepadanya sebagai rasa dukungan kepadanya. Semoga Allah membuka jalan untuk itu. AMIN. Aamiin,” jelasnya.

cincin perak AMIN
Cincin AMIN dari desainer perak Kotagede yang akan diberikan kepada Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)

Dia menjelaskan, akan merencanakan memberikan cincin perak dengan desain AMIN kepada Gus Imin. Karena Gus Imin sebagai cawapres berpasangan dengan Anies Baswedan, maka cincin AMIN ini adalah lambang rasa cinta dan dukungan orang Kotagede kepada capres-cawapres AMIN.

“Di samping tentu saja harapan kepada Allah yang Maha Menuliskan Takdir agar pasangan Anies-Muhamimin atas ridho-Nya memperoleh kepercayaan sebagian besar pemilih pada pemilu 2024 mendatang, sehingga Anies-Muhaimin akan menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia 2024-2029,” jelasnya.

Baca Juga: Napak Tilas Mataram di Kotagede Intro Living Museum Yogyakarta

Priyo Salim mengatakan, cincin perak ini akan mengingatkan Anies-Muhaimin kepada permasalahan yang dihadapi perdagangan perak Kotagede. Pada saat dasa warsa terakhir ini mengalami tekanan yang berat, sehingga Kotagede yang kerajinan peraknya sudah ditetapkan sebagai Warisan Bbudaya Tak benda (WBTB) Indonesia pada tahun 2022 bisa dikatakan hampir mengalami kepunahan.

“Harapan masyarakat Kotagede kelak jika Anies-Muhaimin terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029 akan mempunyai perhatian agar kerajinan perak Kotagede bisa dikembangkan kembali, sehingga Kotagede bersinar kembali sebagai kota perak yang lestari,” paparnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *