Punya Kedekatan, Muhammadiyah dan Partai Ummat Siap Sinergi

  • Whatsapp
pdm dan partai ummat
Dari kiri ke kanan: Ketua PDM Kota Yogyakarta Aries Madani, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta Rowiyah, dan Ketua DPW Partai Ummat Dwi Kuswantoro. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menegaskan tidak mengarahkan kadernya untuk memberikan dukungan politik kepada parpol atau calon legislatif. Di sisi lain, PDM juga tidak melarang kadernya maju sebagai caleg pada Pemilu 2024.

Ketua PDM Kota Yogyakarta Aries Madani mengatakan, banyak kader Muhammadiyah yang ikut menjadi Caleg di Partai Ummat. “Caleg yang pernah berada di persyarikatan Muhammadiyah serta Aisyiyah sudah mengetahui tentang Muhammadiyah dan bisa membawa aspirasi,” katanya usai menerima kunjungan dari para Caleg Partai Ummat DIY di Kantor PDM, Jalan Sultan Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu, 10 Februari 2024.

Read More

Baca Juga: Marthia Adelheida, Caleg Partai Ummat Nomor Urut 1 DPRD DIY Dapil Sleman Utara

Dia mengungkapkan, PDM Muhammadiyah punya kedekatan dengan Partai Ummat. Selain banyak kader maju sebagai caleg, selama ini Partai Ummat merupakan partai yang paling inten silaturahmi dengan PDM Muhammadiyah.

Namun, kata dia, secara institusional Muhammadiyah tidak berpolitik praktis serta tidak mengarahkan kadernya untuk memberikan dukungan politik kepada parpol atau calon.

Aries mengatakan, jika pun ada kader Muhammadiyah maju caleg atau mendukung partai politik, dukungan tersebut secara pribadi. “Dan kami tahu, kader juga mengetahui mana yang terbaik yang akan dipilih. Tentu yang dekat dan mau memperjuangkan aspirasi Muhammadiyah,” katanya.

Baca Juga: Sah, Partai Ummat Resmi Dukung Pasangan AMIN di Pilpres 2024

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta Rowiyah mengakui, hampir sebagian besar caleg Partai Ummat khususnya perempuan berasal dari kader Aisyiyah.

Menurut dia, beberapa kali menerima permohonan pertemuan dan mayoritas mereka membawa sejumlah program dan pemberdayaan. Kebetulan program yang dibawa selaras dengan Aisyiyah. “Tentu ini akan memberikan dampak positif bagi perjuangan Aisyiyah ke depan,” ujarnya.

Ketua DPW Partai Ummat Dwi Kuswantoro mengungkapkan, mayoritas caleg di partainya kader Muhammadiyah. “Memang faktanya demikian, bahkan lebih dari 80 persen rata-rata kader Muhammadiyah. Setidaknya pernah merasakan sebagai kader Muhammadiyah dari tingkat ranting hingga daerah,” ucapnya.

Baca Juga: Apel Akbar Partai Ummat DIY, Kukuhkan 78 DPC dan Siap Siaga Ummat

Dwi mengungkapkan, terkait kunjungan ini merupakan rangkaian dari komunikasi yang selama ini sudah terjalin baik dengan PDM Kota Yogyakarta. Kunjungan ini sekaligus memberikan laporan dan informasi terkait apa saja yang dilakukan partainya termasuk menjaring aspirasi ketika bertemu dengan jemaah persyarikatan.

“Kami ini sowan sekaligus memohon doa dan dukungan agar Partai Ummat pada Pemilu 2024 bisa berperan lebih besar, mendapatkan kursi legislatif pusat, provinsi, kabupaten/kota,” jelasnya. []

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *