Cerita si Pemotret Cahaya Terang dan Lurus di Langit Yogyakarta yang Viral

  • Whatsapp
viral cahaya langit jogja
Penampakan cahaya lurus di langit Yogyakarta yang viral. (Foto: Merapi_uncover)

Yogyakarta – Aryo Kamandanu, 17 tahun, warga Pandeyan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, mengunggah foto hasil jepretannya berupa cahaya putih di langit. Fotonya juga diunggah akun Merapi_uncover. Postingan yang diduga bintang jatuh ini pun viral.

“Malam ini sekitar pukul 21.36 WIB, sebagian warga Jogja dikejutkan dengan kilatan cahaya berwarna hijau di langit. Kami menduga cahaya tersebut adalah fireball (bola api) yang melintas. Beruntung cahaya terang tersebut sempat terdokumentasi oleh @arya.akise. Apa kalian melihat juga? tulis akun Merapi_uncover.

Read More

Baca Juga:

Aryo Kamandanu yang tidak lain adalah pemilik akun Instagram @arya.akise menyebutkan foto tersebut memang hasil jepretannya. “Momen itu saya foto di dekat rumah saya area persawahan tepatnya di Pandeyan, Kapanewon Banguntapan, Bantul,” katanya, Selasa, 13 Juli 2021.

Dia bercerita momen tersebut diabadikan pada Senin, 12 Juli 2021 malam. Saat itu remaja 17 tahun ini memang sengaja ingin mengambil foto langit bersama sang adik sekitar pukul 20.00 WIB.

Aryo hanya bermodal kamera handphone merk Redmi 7A dan satu buah tripod. Dia mengaku ingin menciptakan Star Trail di mana hasil dari jepretan handphone memperlihatkan bintang nampak bergaris.

“Serasa enggak percaya bisa beruntung dapat momen menakjubkan. Saya lagi tiduran di sawah terus muncul cahaya di langit”

Dari 35 foto, cahaya kilap yang diduga bintang jatuh tertangkap di jepretan ke-20. Perkiraan waktunya sekitar 2-3 detik. “Serasa enggak percaya bisa beruntung dapat momen menakjubkan. Saya lagi tiduran di sawah terus muncul cahaya di langit,” ucapnya.

Siswa SMK di Yogyakarta ini mengungkapkan, selesai memfoto bersama adik pulang ke rumah lalu. Dia kemudian membagikan pengalamannya di grup Astronomi Penjelajah Langit. Benda itu diduga Fireball atau bola api. “Jadi foto itu real bukan editan,” ujarnya.

Baca Juga:

Dia mengakui memang pernah bercita-cita jadi astronom. Namun karena terbentur realita kehidupan akhirnya ganti haluan ke astra foto dengan objek langit. Baginya, langit mencerminkan mimpinya. “Walaupun beda dengan impian awal, setidaknya bisa dijalani sebagai hobi,” kata Aryo. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *