Unik dan Kreatif, Pagar Kapanewon Bantul Disulap Jadi Akuarium Raksasa

  • Whatsapp
akuarium jumbo bantul
Pagar Kapanewon Bantul disulap menjadi akuarium jumbo. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Pemandangan unik tersaji di Kantor Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pada pagar halaman depan kantor disulap menjadi akuarium jumbo. Hal yang unik dan pertama di Bumi Projotamansari.

Ide ini datang dari Panewu Bantul Fauzan Mu’arifin dalam rangka menjadi pagar kolam atau akuarium jumbo ini menjadi ikon Kapanewon Bantul. Akuarium atau pagar kolam ini membentang sepanjang kurang lebih 6,23 meter dengan ketinggian 90 sentimeter.

Read More

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Fauzan mengatakan, setidaknya ada dua hal dengan membangun akuarium jumbo ini. “Pertama ini menjadi ikonik Kapanewoen bantul. Mudah-mudahan menjadi viral sehingga menjadi ikonik Kabupaten Bantul,” katanya usai perersmian akuarium jumbo, Jumat, 7 Januari 2022.

Tujuan yang kedua, kata dia, sebagai bentuk pendidikan atau eduaksi tentang potensi ikan yang ada di Kabupaten Bantul. Potensinya sangat besar, baik jenis ikan untuk konsumsi maupun hias.

Baca Juga: Filosofi dan Makna Geblek, Camilan Tradisional Khas Kulon Progo

“Potensi ikan hias sangat besar, hal ini terlihat sudah banyak breeder atau peternak ikan di Bantul yang menangkar ikan hias. Jadi harapannya bisa memberikan inspirasi bagi warga tentang potensi perikanan,” jelasnya.

Fauzan mengatakan, terkait akuarim raksasa di pinggir jalan ini, awalnya merupakan pagar beton yang ada pohon tamannya. Kemudian dimodifikasi seperti sekaraang ini, akuarium jumbo dengan ukura panjang 6,23 meter, lebar 82 sentimeter dan ketinggian air 90 sentimeter.

Baca Juga: Asyiknya Berburu Barang Antik dan Jadul di Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta

Jenis ikan yang adi dalamnya tentunya ikan tawar seperti melem, gurame padang, dan lele. “Ukuran lele yang ada di sini panjangnya 90 sentimeter dengan berat sekitar 5 kilogram,” kata Fauzan.

Ke depan, akuarium jumbo ini masih akan dilengkapi agar lebih menarik. “Nanti akan disempurnakan seperti dengan menambah aksesoris misalnya batu putih, karang, tumbuhan air dan aksesoris lain,” kata Fauzan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *