Memperingati Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-211 Gelar Lomba Cipta Lelagon Bocah

  • Whatsapp
pemenang lomba lelagon bocah
Memperingati Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-211 menggelar Lomba Cipta Lagu Lelagon Bocah. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kadipaten Pakualaman menggelar Lomba Cipta Lelagon Bocah dalam rangka memperingati Hadeging Kadipaten Pakualaman ke 211 (Masehi) / 217 (Jawa). Kadipaten Pakualaman menggelar aacara ini dalam rangka menjaga dan mengembangkan budaya Yogyakarta yang merupakan warisan budaya bangsa dengan diwujudkan melalui pemeliharaan, pendayagunaan, serta pengembangan dan penguatan nilai-nilai, norma, adat istiadat, dan tradisi luhur yang mengakar dalam masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta.

BPH Kusumobimantoro mengatakan, tema Hadeging Kadipaten Pakualaman ke 211 yakni Wruh ing Budi Ngluhuraken Sujanma yang artinya umat manusia memiliki kewajiban memayu hayuning bawana memayu hayuning sujanma menciptakan manusia yang unggul berbudaya untuk kebaikan dunia.

Read More

Baca Juga: Makna Tradisi Labuhan Pakualaman 10 Muharram di Pantai Glagah Kulon Progo

“Kadipaten Pakualaman perlu menggelar ajang penciptaan kreatif untuk pengejawantahan makna dari cipta rasa karsa dalam mengisi kebudayaan,” katanya, Jumat, 16 Juni 2023.

Lomba Cipta Lelagon Bocah ini, sangat urgen diperlukan untuk meningkatkan produk budaya berupa lagu anak berbahasa Jawa yang sarat dengan nilai-nilai kebaikan. Afirmasi-afirmasi positif perlu disampaikan kepada anak-anak usia dini untuk mempersiapkan pribadi-pribadi yang mapan secara mental kualitas ke-Yogyakarta-an, yaitu dengan melalui kegiatan yang asik dan mendidik yaitu melalui bernyanyi.

Baca Juga: Jamu Ginggang Pakualaman Solusi Telat Haid, Bakar Lemak dan Khasiat Lain

“Hal itu sejalan dengan meningkatnya popularitas lagu-lagu pop Jawa dewasa, perlu kita dampingi melalui pengawalan lagu anak. Muaranya anak usia dini memiliki lagu yang dinyanyikan yang sesuai dengan jenjang usianya, sebelum menyanyikan lagu Jawa dewasa,” kata Koordinator Lomba Cipta Lelagon Bocah Hayu Avang.

Dia mengatakan, Lomba Cipta Lelagon Bocah memiliki yakni mengejawantahkan amanat Undang-undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 13 tahun 2012. Meningkatkan produksi lagu anak berbahasa Jawa yang mengandung nilai budi pekerti luhur untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkarakter dan berbudaya. Memberikan wadah untuk seniman, praktisi, akademisi, dan masyarakat luas dalam berkarya khususnya di bidang lelagon bocah.

Baca Juga: Kadipaten Pakualaman dan UST Sinergi Kembangkan Budaya Yogyakarta

Dewan juri dalam lomba cipta lelagon bocah adalah Tri Suhatmini, M.Sn., YAL Vishnu Satyagraha, S.Sn., M.A., MSocPolicy , Dewi Nurhasanah, S.Th.I., M.A., dan Hendra Aprianto, S.S.

Pemerhati budaya Yogyakarta Dewi Nurhasanah selaku dewan juri lomba mengatakan, Lomba cipta lelagon bocah tahun 2023 telah terkumpul 27 karya. Peserta lomba berasal dari daerah D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dia mengatakan, proses seleksi karya dilakukan secara bertahap oleh dewan juri. “Seleksi karya dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap penyisihan dilakukan melalui seleksi karya oleh dewan juri pada tanggal 13 Juni 2023. Dari tahap pertama telah ditentukan 10 karya terbaik,” jelasnya.

Baca Juga: Festival Panahan Tradisional Yogyakarta Piala KGPAA Paku Alam X

Sedangkan tahap kedua atau tahap final penilaian dilakukan melalui wawancara pada 16 Juni 2023 di Ruang Danawara Pura Pakualaman. Wawancara dilakukan bertujuan untuk mengetahui orisinalitas karya dan pendalaman karya dari peserta. Kriteria penilaian karya meliputi kreativitas penciptaan, kesesuaian melodi dengan lirik, dan nilai yang terkandung dalam lirik.

Daftar Pemenang Lomba Cipta Lelagon Bocah

Hasil dari penilaian tahap kedua telah ditentukan para pemenang lomba, yaitu:

JUARA I judul lagu BEBUDEN, karya AJI SANTOSO NUGROHO, alama:t JETAK RT 03 / RW 28 SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA
JUARA II judul lagu: UNGGAH-UNGGUH, karya: HAPSARI SATYA LESTARI, alamat: JL. TAMANSISWA 31 YOGYAKARTA JUARA III NYABRANG DALAN SIGIT PURNOMO GUNUNG KELIR RT8, PLERET, BANTUL
HARAPAN I judul lagu: SAYUK NYAWIJI, karya: HANAMAR SEKAR KINANTHI alamat : SAWAHAN RT. 07, RW. 03, DANYANG, PURWODADI, GROBOGAN
HARAPAN II judul lagu: SINAU BASA, karya: SUMARYONO, alamat: PERUM SLEMAN PERMAI II, TLOGOADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA
HARAPAN III judul lagu: RUJAK PACE SUGIYARTI, alamat: DUKUH, RT 005, RW 003, BUMIREJO, LENDAH, KULON PROGO
FAVORIT I judul lagu: LURU NGELMU TEGAR KUSUMA ATMAJA, alamat: TEGALSARI RT.02 / RW.04, MANJUNG, NGAWEN, KLATEN
FAVORIT II, judul lagu: SREGEB SINAU TH KENTY KRISPATMI, alamat: DIWAK SUMBER DUKUN MAGELANG JAWA TENGAH KODE POS 56482
FAVORIT III, judul lagu: MULUR MUNGKRET TEGUH TRI WAHYUDI, alamat: PUJON LOR RT 04 RW 03 PUJON MALANG JAWA TIMUR 65391
FAVORIT IV, judul lagu: SING TEGEN SING TEKUN, karya: RAHMA KHOIRUNNISA EL FAHMI, alamat: DUKUH, RT 05, RW 03, BUMIREJO, LENDAH, KULON PROGO, YOGYAKARTA []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *