Siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Raih Perak OSN Matematika Tingkat Nasional 2023

  • Whatsapp
OSN 2023 matematika
Muhammad Iqbal Raihan, siswa SMA Muhi 1 Yogyakarta meraih medali perak OSN tingkat nasional tahun 2023 mata pelajaran Matematika (Foto: Istimewa)

BacJogja – Muhammad Iqbal Raihan siswa kelas XII MIPA 4 SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2023 untuk mata pelajaran Matematika.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada 28 Agustus 2023 – 2 September 2023 di Bogor.

Read More

Wakil Kepala Urusan Kurikulum Marsuni mengatakan, Muhammad Iqbal Raihan bersama pelajar dari DIY lainnya telah berada di Bogor sejak 27 Agustus 2023. Perjuangan untuk meraih medali perak tingkat nasional ini dimulai dari seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan tingkat provinsi.

Baca Juga: Seminar Membincang Sumbangan Pendidikan Islam bagi Kemajuan Bangsa dan Peradaban

“Setelah lolos tingkat Provinsi DIY, Iqbal mendapatkan pembinaan intensif selama sembilan hari, sejak 11-20 Agustus 2023 di Tirta Kencana Hotel & Garden,” katanya.

Dalam pembinaan ini, Iqbal dan teman-temannya diberikan materi oleh beberapa dosen dari UGM dan UNY yang telah berpengalaman dalam persiapan OSN di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, ada pula sesi pengajaran yang diselenggarakan oleh beberapa alumni OSN DIY.

Para siswa juga mengikuti kunjungan lapangan ke beberapa instansi teknis untuk memperdalam wawasan para siswa terkait beberapa materi, antara lain ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY.

Baca Juga: Dongeng Boneka Tangan, Media Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

“Ada pembelajaran di kelas teori, ada kunjungan ke lapangan misal kebumian akan berkunjung ke Waduk Sermo di Kulonprogo. Lalu ada kunjungan ke laboratorium di UGM dan UNY,” katanya. Menurut Marsuni, S.Pd kedua metode pembinaan tersebut diberikan karena pengujian yang dilakukan dalam OSN tidak hanya teori, namun juga praktek.

Tentu berkat kerja keras, kegigihan, dan doa berbagai pihak ini mengantarkan siswa asal Parakan, Temanggung itu meraih medali perak OSN 2023 tingkat nasional cabang Matematika.

Iqbal merupakan satu-satunya peserta didik sekolah Muhammadiyah di Provinsi DIY yang bisa meraih medali OSN 2023 tingkat nasional. “Saya amat bersyukur dapat meraih kejuaraan ini. Semoga hal ini dapat terus memacu saya untuk semakin berprestasi. Terima kasih orang tua dan Muhi atas dukungan penuhnya. Mohon doanya agar saya bisa meraih prestasi di tingkat internasional. ” ungkapnya.

Baca Juga: Bahagianya Maryono, Mitra Driver yang Anaknya Dapat Beasiswa Pendidikan Gojek Swadaya

Kepala SMA Muhi Herynugroho mengaku bangga atas prestasi ini dan mewakili sekolah ia mengucapkan selamat. “Selamat atas keberhasilan ananda Muhammad Iqbal Raihan dalam OSN tingkat nasional tahun 2023, dan selamat atas raihan medali peraknya,” katanya.

Dia berharap Raihan bisa menginspirasi siswa lain untuk semakin berprestasi di tingkat nasional. Di samping bisa menjadi alat pengembangan model untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran sains, OSN juga dapat mendorong berkembangnya etos ilmu dan budaya ilmiah dalam masyarakat.

“Melalui kegiatan Olimpiade Sains ini diharapkan terbentuk kepribadian siswa yang unggul, kompetitif, dan bisa bersaing di tingkat global,” sambung Hery.

Baca Juga: Musyda PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Soroti Isu Penting Pendidikan

Herynugroho juga bangga karena SMA Muhi bisa menjadi satu-satunya sekolah Muhammadiyah di DIY yang meraih medali perak OSN tingkat nasional. Sekolah telah menunjuk guru-guru terbaik untuk mendampingi siswa agar sukses di OSN.

Pembimbingan dilaksanakan secara rutin melalui kegiatan ekstrakurikuler olimpiade dan pendampingan khusus setiap akan ada lomba, dan ini dilaksanakan dengan seleksi ketat mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, sampai nasional.

“Dengan pendampingan ketat ini harapannya dari SMA Muhi akan lahir juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi, siap berkompetisi pada tingkat Nasional bahkan Internasional,” tandasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *