Viral TikTok ‘Ganjar Pranowo’ Bikin Alat Peraga Kampanye Anies-Muhaimin

  • Whatsapp
ganjar pranowo viral
Pria mirip Ganjar Pranowo sedang membuat banner bergambar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Yogyakarta. (Foto: Screenshot video amatir)

BacaJogja – Seorang pria mirip capres Ganjar Pranowo terlihat sedang merangkai alat peraga kampanye (APK) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Pria ini berperawakan kurus, tinggi, dan berambut putih.

Momen itu diabadikan dalam video kemudian diunggah di TikTok oleh akun TikTok aziz_ua113. “Gagal fokus dengan relawan Jarnas Kota ini… Kok sekilas seperti capres lainnya ya..”, begitu narasi yang ditulis dalam video tersebut.

Read More

Unggahan video pendek ini viral. Unggahan ini menjadi FYI (For Your Information) di TikTok. Unggahan ini disukai 2149, 164 komentar, dan 45 dibagikan.

Baca Juga: Gagasan Anies Baswedan Mensukseskan Indonesia Emas 2045

Pemilik akun TikTok tersebut tidak lain merupakan Ketua Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kota Yogyakarta Abdul Aziz. “Pria berperawakan kurus, tinggi, berambut putih dalam video itu namanya Haryadi, warga Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta,” katanya, Rabu, 29 November 2024.

Abdul Aziz mengungkapkan, kebetulan memang Jarnas ABW Kota Yogyakarta dan relawan lain sedang membuat APK pasangan AMIN. Pembuatan APK dilakukan secara swadaya alias saweran. Rencananya APK tersebut akan dipasang di daerah Sleman dan Bantul.

Menurut dia, pembuatan APK ini merespons warga yang menyebut APK pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan nomor urut 1 ini masih minim. “Kita sepakat iuran bikin banner AMIN karena di daerah pinggiran APK gambar AMIN masih minim. Iuran terkumpul hampir Rp4 juta untuk bikin APK,” jelasnya.

Baca Juga: Tokoh NU Yogyakarta Ini Doakan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Menang Pilpres 2024

Lantas siapa Haryadi? Haryadi merupakan pecinta olahraga sepeda. Dia tergabung dalam komunitas gowes Sukhudoll sekaligus relawan Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW).

Haryadi yang mirip Ganjar Pranowo, mengakui sosok pria dalam video yang viral tersebut merupakan dirinya. “Iya, itu saya sedang merangkai, memasang bambu untuk banner AMIN,” katanya.

Haryadi merangkai banner di rumahnya. Banner yang dicetak sebanyak 500 lembar hasil dari iuran relawan dan donatur. “Kita saweran bikin 500 lembar banner. Rencananya mau bikin lagi, lagi cari donatur sekaligus iuran dari teman-teman Sukudholl, Jarnas dan relawan AMIN lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Marsekal Madya TNI (Purn) Syaugi Alaydrus Jadi Timnas AMIN, Ini Kata Anies Baswedan

APK bergambar pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan nomor urut 1 ini akan dipasang di daerah-daerah yang masih minim APK AMIN. “Tadi ada yang minta dari Imogiri Bantul, ada lagi dari Dlingo. Intinya dipasang di tempat-tempat yang masih minim APK AMIN,” ungkapnya.

Haryadi mengakui, saat bersepeda ke desa-desa, memang APK AMIN masih minim. Atas dasar itulah, relawan spontan iuran bikin banner. “Uang yang sudah terkumpul 4 jutaan. Sudah kita buat banner dengan harga per lembar Rp8.000.

Sedangkan untuk bambu penyangga APK dari relawan lain yang kebetulan berprofesi sebagai kontraktor. “Mereka punya bambu, dari pada dibuang, kita manfaatkan untuk tiang pemasangan banner. Kita minta bambu sudah dipotong sesuai ukuran,” jelasnya.

Baca Juga: Viral Baliho PPP di Jalan Wates Dukung AMIN, Ini Kata Anies Baswedan

Dia mengatakan, dari 500 banner yang sudah dicetak, yang sudah dipasang 200 lembar. Dia juga mempersilakan relawan yang ingin banner datang ke rumahnya. “Silakan saja bagi simptisan atau relawan kalau minta banner, tapi prioritasnya dipasang di lokasi yang masih minim APK AMIN,” katanya.

Rencananya tidak hanya 500 banner yang dibikin mengingat permintaan dari warga terus berdatangan. “InsyaAllah bikin lagi, kalau kira-kira sudah mau habis ya bikin, cari donatur dan saweran lagi. InsyaAllah selalu ada jalan, yang penting ada niat,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *