Saksikan! Festival Budaya dan Konser Musik di Plaza Ngasem Yogyakarta

  • Whatsapp
Mancawarni
Event Mancawarni. (Istimewa)

BacJogja – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta siap menggelar event Muhi Apresiasi Cipta Inovasi dari Budaya dan Seni (Mancawarni). Event digelar Sabtu, 18 Mei 2024 mulai pukul 14.00 – 22.00 WIB secara outdoor di Plaza Ngasem, Pasar Ngasem, Jalan Polowijan Nomor 11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Mancawarni adalah sebuah Festival seni budaya dan pertunjukan musik yang menggambarkan keindahan warna-warni budaya Indonesia. Selain itu, disediakan stan-stan kuliner dan berbagai tenant yang menarik.

Read More

Dengan demikian, acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebuah sarana edukasi dan promosi seni dan budaya Indonesia. Kegiatan ini merupakan event Mancawarni yang pertama kalinya digelar. Panitia mentargetkan acara ini dihadiri oleh 2000 pelajar dan masyarakat umum di Yogyakarta.

Baca Juga: Polisi Tangkap Epy Kusnandar ‘Preman Pensiun’ dan Yogi Gamblez Terkait Narkoba

“Mancawarni tahun 2024 mengangkat tema 𝑺𝒖𝒓𝒂 𝑫𝒊𝒓𝒂 𝑱𝒂𝒚𝒂𝒏𝒊𝒏𝒈𝒓𝒂𝒕 𝑳𝒆𝒃𝒖𝒓 𝑫𝒆𝒏𝒊𝒏𝒈 𝑷𝒂𝒏𝒈𝒂𝒔𝒕𝒖𝒕𝒊. Kegiatan Mancawarni ini terbuka untum umum dan gratis,” kata Ketua Panitia Yudianto.

Dia mengatakan, masyarakat pengunjung Mancawarni mendapatkan berbagai hiburan seperti stan kuliner tradisional khas Jogja, pameran kesenian nusantara, pertunjukan band pelajar, pertunjukan rockestra, pertunjukan tari, pertunjukan teater, pertunjukan karawitan, dan berbagai macam jajanan nusantara.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Khusus Perpanjangan di Yogyakarta Mei 2024

“Makna dari 𝑺𝒖𝒓𝒂 𝑫𝒊𝒓𝒂 𝑱𝒂𝒚𝒂𝒏𝒊𝒏𝒈𝒓𝒂𝒕 𝑳𝒆𝒃𝒖𝒓 𝑫𝒆𝒏𝒊𝒏𝒈 𝑷𝒂𝒏𝒈𝒂𝒔𝒕𝒖𝒕𝒊 adalah segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar. Harapan kami dengan kebijaksanaan dan sikap penuh kelembutan hati kebudayaan yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia bisa kita jaga dan lestarikan bersama,” jelasnya.

Kepala SMA Muhi Yogyakarta Herynugroho mengatakan, kegiatan Mancawarni merupakan salah satu bentuk apresiasi seni yang diselenggarakan untuk mewadahi bakat dan minat peserta didik di bidang seni sekaligus sebagai sarana SMA Muhi untuk mendekatkan diri bersosialisasi kepada masyarakat Yogyakarta.

Baca Juga: Giliran Pemadaman Listrik PLN Yogyakarta Hari Ini: Kota Jogja, Bantul, dan Gunungkidul

“Pelestarian budaya sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi muda Indonesia. Pelajar harus ditanamkan sikap cinta kebudayaan Indonesia sejak dini agar mereka bisa menghormati dan menghargai warisan nenek moyang kita,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, juga memperkaya kehidupan dengan keragaman, menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, mencegah terjadinya kepunahan budaya Indonesia dan membuka peluang ekonomi serta pariwisata baru bagi daerah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *