Sri Sultan Ungkap Rahasia Cara Sehat Tradisi Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
resep sehat sri sultan HB X
Wawancara Sultan HB X berbagi tips resep sehat (Foto: Screenshot TikTok)

BacaJogja – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat ini berusia 76 tahun atau kelahiran 2 April 1946. Sampai saat ini Raja Keraton Yogyakarta masih sehat dan aktif menjalani aktivitas sehari-hari.

Dalam sebuah cuplikan wawancara yang diunggah dalam video TikTok, Sultan berbagi tips cara hidup sehat ala tradisi Keraton Yogyakarta. Video cuplikan berdurasi 2.53 menit ini pun viral di media sosial seperti Facebook.

Read More

Baca Juga: Penderita Stroke Gelar Jambore Nasional di Yogyakarta, Ini Pesan DPRD DIY

Menurut Sultan, saat seseorang berusia lanjut, biasanya cepat pusing, mudah kena flu, dan lainnya. “Semakin tua biasanya tidur susah, kalau bisa tidur nanti tengah malam terbangun,” kata Sri Sultan dalam video itu.

“Mau naik tangga pun, sudah berkeringat karena metabolisme sudah tidak sinkron lagi,” imbuh Sultan yang menjabat sebagai Gubernur DIY sejak 3 Oktober 1998 ini.

Baca Juga: Kacang Tunggak Kaya Protein Mempercepat Penyembuhan Luka

Presenter pun kemudian menanyakan apa rahasianya Sultan terlihat tetap kuat, sehat dan masih beraktivitas lainnya. “Rahasianya apa Sultan?”

Sri Sultan menjawab, saat bangun tidur di pagi hari, jangan langsung ke kamar mandi untuk buang air kecil atau air besar. “Bangun tidur, tidak ke belakang buang air kecil apalagi air besar. Bangun tidur, saya langsug melakukan jongkok berdiri-jongkok berdiri. Saya biasanya 15-20 kali saja,” ungkapnya.

Baca Juga: Sensasi Wedang Tahu Bu Kardi, Minuman Sehat dan Unik di Yogyakarta

“Sultan melakukan ini dapat dari mana,” tanya presenter dalam wawacanara.

Sultan pun menjawab, bahwa apa yang dilakukan ini merupakan tradisi yang ada di Keraton Yogyakarta. “Ini tradisi kami kok. Ini tradisi kita sendiri, ini sudah periode sebelumnya,” kata Sultan.

Pria yang bernama lahir Herjuno Darpito ini mengungkapkan, hal yang penting saat melakukan aktivitas jongkok berdiri, lidah ditempelkan di langit-langit mulut.

Baca Juga: Kuliner Kekinian, Pie Mocaf Ubi Kuning Baik untuk Kesehatan

“Lidah ditempelkan di langit-langit karena itu merupakan pusat syaraf. Gigi atas dan bawah tidak boleh dirapatkan, tapi mulut yang dirapatkan,” jelas suami GKR Hemas.

Ngarsa Dalem, sapaan lain Sri Sultan, mengatakan, “Saat jongkok ambil nafas, begitu berdiri 3-4 detik berhenti dulu biar oksigen masuk ke otak, setelah itu dikeluarkan. Begitu saja caranya. Saya sekarang main golf 60 kali pun tidak masalah,” ungkapnya.

Baca Juga: Tips Agar Tubuh Tetap Sehat, Budayakan Konsumsi Makanan Rendah Minyak

Kemudian presenter menanyakan lagi, “Sultan selama ini ada makanan yang menjadi pantangan nggak, seperti durian atau sea food gitu?”

Dengan tegas, Sri Sultan menjawab selama ini tidak ada pantangan. “Durian paling cuma satu dua saja, tahu diri lah. Pokoknya jangan berlebihan, makan itu secukupnya jangan sampai kenyang,” ungkap Sultan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *