Pesan Wapres Ma’ruf Amin Saat Hari Santri Nasional 2022 di Yogyakarta

  • Whatsapp
wapres RI
Wapres Ma’ruf Amin menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan Sleman, Yogyakarta pada Senin, 24 Oktober 2022. (Foto: Wapresri)

BacaJogja – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan yang berada di Jalan Piyungan KM.2 Marangan Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta pada Senin, 24 Oktober 2022.

Wapres mengungkapkan, kegigihan perjuangan santri dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak pernah diragukan. Bahkan pemerintah memberikan penghargaan atas besarnya peran santri dalam mengawal lahirnya NKRI dengan ditetapkannya Hari Santri pada setiap 22 Oktober yang didasari seruan resolusi jihad kaum santri dalam mempertahankan kemerdekaan pada 22 Oktober 1945.

Read More

Baca Juga: Foto-foto Semarak Hari Santri Nasional 2022 di Bantul

Untuk itu, Wapres mengatakan pada momentum Peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini, generasi santri harus terus mewarisi semangat perjuangan para pendahulunya, khususnya dengan ikut berjuang mewujudkan Indonesia Emas 2045, yakni Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Lebih lanjut, Wapres mencontohkan kiprah K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan, dua tokoh santri yang semasa hidupnya tidak hanya gigih berjuang melawan penjajah, tetapi juga berhasil mendirikan organisasi besar yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Baca Juga: Daftar Ucapan Bijak dan Link Twibbon Hari Santri Nasional 2022 serta Cara Pasang

“Dua organisasi ini menurut saya adalah warisan yang sangat baik bagi keduanya, sebagai tempat kita mengabdikan diri, seperti yang kita hadiri ini, Muhammadiyah Boarding School, yang merupakan warisan dari pengaruh K.H. Ahmad Dahlan,” ungkapnya.

“Kalau mereka disebut sebagai mujahidin, pejuang-pejuang yang melahirkan kemerdekaan, maka kita juga harus menjadi mujahidin tentu dalam bentuk yang lain,” pesan Wapres.

Baca Juga: Karnaval-Kirab dan Agenda Lain Hari Santri Nasional 2022 di Sleman

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia Emas, para santri harus terus memakmurkan bumi Indonesia dengan menggiatkan perekonomiannya seperti melalui pertanian, perkebunan, pertambangan, dan kelautan.

Jaga Persatuan dan Kesatuan Jelang Pemilu 2024

Dia mengharapkan para santri di samping menguasai ilmu agama juga harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengelola berbagai sumber daya alam yang ada di Tanah Air. “Kuncinya yaitu sumber daya manusia yang unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegasnya.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kunjungi Balkondes PGN Karangrejo Magelang

Selain itu, Wapres juga mengharapkan para santri terus menjaga kesepakatan nasional yang ditanamkan oleh para pendiri bangsa yakni NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Karena negara ini didirikan berdasarkan kesepakatan nasional dari semua elemen bangsa, dan tokoh-tokoh santri ketika itu ikut mengambil bagian dalam (penyusunan) konstitusi negara kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Khofifah: Buya Syafii Tokoh yang Tak Terkontaminasi Kekuatan Politik

Pada kesempatan ini Wapres juga berpesan kepada para santri untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga bangsa, khususnya menjelang Pemilu 2024. “Supaya bangsa ini tidak terkoyak apalagi ketika kita akan menghadapi pemilu legislatif, pemilihan presiden, dan sebagainya, hendaknya kita tidak melupakan semangat kesepakatan nasional sebagai satu bangsa,” jelas Wapres.

“Berbeda pilihan tidak perlu terjadi permusuhan, sehingga merusak persatuan dan kesatuan nasional,” imbuhnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *