80-an Orang Jadi Korban Copet saat Konser Denny Caknan di Purworejo

  • Whatsapp
barang bukti copet purworejo
Polisi turut menyita barang bukti puluhan handphone hasil pencopetan saat lonser Denny Caknan di Purworejo. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Komplotan copet asal Malang, Jawa Timur beraksi saat konser “Purworejo Spektakuler” dengan bintang tamu Denny Caknan, Kotak dan lainnya yang digelar di Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, Jumat 24 Februari 2023 malam.

Para korban pun melaporkan kejadian yang dialami ke pihak berwaji. Tak lama berselang, komplotan copet berjumlah 12 orang berhasil dibekuk di Kulon Progo, Yogyakarta. Saat ditangkap, komplotan ini menaiki minibus Elf bernomor polisi AG 7481 K.

Read More

Sebanyak 12 pelaku, satu di antaranya perempuan langsung digelandang ke Polres Purworejo. Selain itu barang bukti yang diduga hasil pencopetan turut diamankan; berupa 36 unit handphone dan sejumlah tas kecil atau dompet.

Baca Juga: SD di Kulon Progo Dibobol Maling, Barang Senilai Rp24,3 Juta Raib

Menurut Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Khusen Martono, berdasarkan laporan yang diterima polisi, ada 80-an orang yang kehilangan ponsel selama konser “Purworejo Spektakuler”. Ada pula korban yang melaporkan kehilangan dompet.

“Namun, barang bukti yang disita polisi dari komplotan tersebut kurang dari itu. Karena dari pengakuan terduga pelaku ada juga yang HP-nya jatuh saat melaksanakan aksi,” ungkapnya.

Polres Purworejo masih memeriksa komplotan pencopoet yang ditangkap. Selain itu, polisi juga sedang mendalami terkait kemungkinan keterlibatan kelompok lain. “Jadi kami masih menentukan tindak lanjutnya karena baru dilakukan pemeriksaan, belum selesai,” ucapnya.

Baca Juga: Tak Kapok Dipenjara 8 Kali, Pria di Kulon Progo Ini Kembali Terlibat Curanmor

Polisi memastikan, komplotan copet ini berasal dari Malang, Jawa Timur. Mereka datang menempuh perjalanan ratusan kilometer sengaja untuk mencopet.

Seperti diketahui, banyak penonton kehilangan handphone dan dompet saat menyaksikan konser musik Denny Caknan di Alun-Alun Purworejo. Satreskrim Polres Purworejo mendapati laporan tersebut langsung datang ke lokasi konser dan melakukan penyelidikan.

Polisi mencurigai, komplotan ini pergi meninggalkan lokasi sebelum acara konser selesai. Komplotan copet membawa minibus terdeteksi menuju ke arah timur memasuki wilayah Kulon Progo. Polres Purworejo langsung koordinasi dengan Polres Kulon Progo untuk penangkapan.

Baca Juga: 5 Menit Parkir, Motor dan Rp1,5 Juta Raib Dicuri di Kulon Progo

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmo Noviartuti mengatakan, Polres Kulon Proggo turut membantu pengejaran. Kepolisian Kulon Progo yang turut mengejar dipimpin AKP M. Winarso bersama piket reskrim Polres, piket Satsamapta Polres Kulon Progo.

“Polres Kulon Progo membantu pengejaran dan penangkapan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Purworejo terhadap kendaraan yang diduga sebagai rombongan pencurian handphone pada saat konser Denny Caknan di Alun-Alun Purworejo,” katanya Sabtu, 25 Februari 2023.

Ipyu Novi mengatakan, komplotan ditangkap pada Sabtu tanggal 25 Februari 2023 sekira pukul 00.15 WIB. Komplotan ditangkap di sekitar Tugu Pensil Keteng, Pengasih.

Baca Juga: Dua Pemabuk di Sleman Tusuk Pemotor Knalpot Blombongan hingga Meninggal

“Setelah diamankan di Polres Kulon Progo, diketahui bahwa kendraan tersebut benar membawa rombongan 12 orang dengan rincian 11 orang laki-laki dan satu perempuan,” jelasnya.

Selain itu, juga ditemukan barang bukti hasil pencurian berupa 36 unit handphone dan sejumlah tas kecil atau dompet. “Barang bukti tersebut diduga hasil pencurian saat konser Denny Caknan di Alun-alun Purworejo,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *